Pakpahan, Henra (2014) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141054 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103141054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
7103141054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7103141054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103141054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103141054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103141054 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
7103141054 BAB V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7103141054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Pencawan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swata Pencawan Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam peneltian ini adalah sejumlah 60 orang atau total sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan reabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Design penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profesionalisme guru (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa karena memiliki thitung > ttabel yaitu 3,703 > 2,002. Variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru karena thitung > ttabel yaitu 6,328 > 2,002. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 90,834 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,16. Hasil perhitungan menggunakan regresi linier berganda, didapat koefisien regresi Y=15,376 + 0,262X1 + 0,587X2. Profesionalisme guru dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 76,1% terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,761, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait perlu meningkatkan profesionalisme setiap guru khususnya guru Ekonomi di SMA Swasta Pencawan Medan. Begitu juga dengan motivasi belajar siswa di sekolah tersebut, hal ini juga perlu mendapat perhatian guna menunjang proses belajar mengajar yang berlangsung dengan baik, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pak p |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Normalitas Data; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13964 |