Sajidah, Ayu (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X 2 IPS SMA NEGERI I KEC.BINJAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141014 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7103141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
7103141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7103141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7103141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
7103141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7103141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
Abstract
Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X 2 SMA Negeri I Kec.Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi jika diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament siswa kelas X 2 SMA Negeri I kec.Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I kec.Binjai T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X 2 yang berjumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 25 orang (62,5%) siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 36 orang (90%) siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif, telah memperoleh hasil aktivitas sesuai dengan kriteria penilaian skor ≥ 23 atau ≥ 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data pretest 18 orang (45%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 68,75 sedangkan pada siklus I terdapat 29 orang (72,50%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 75,62 atau terjadi peningkatan sekitar 6,87 poin. Dan pada siklus II menjadi 37 orang ( 92,50%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 78,37 atau mengalami peningkatan 2,75 poin dari siklus I yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar ekonomi meningkat setelah diterapkan model Teams Games Tournament pada Standard Kompetensi Uang dan Perbankan siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Kec.Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Saj p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Teams Games Tournament; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13960 |