Purba, Selvita Eka Eviana (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 4 KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141041 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7102141041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7102141041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7102141041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7102141041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7102141041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141041 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7102141041 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7102141041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 yang beralamat di jalan Pondok Indah No.11 Kisaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 yang berjumlah 39 orang dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan 4 orang (10,25%) untuk kriteria sangat aktif, 14 orang (35,89%) untuk kriteria aktif, 9 orang (23,03%) untuk kriteria cukup aktif, 8 orang (20,51) untuk kriteria kurang aktif dan 4 orang (10,25%) untuk kriteria tidak aktif. Sedangkan siklus II menunjukkan 10 orang siswa (25,64%) untuk kriteria sangat aktif, 20 orang siswa (51,28%) untuk kriteria aktif, 4 orang siswa (10,25%) untuk kriteria cukup aktif, 4 orang siswa (10,25%) untuk kriteria kurang aktif, dan 1 orang (2,56%) untuk kriteria kurang aktif. Data hasil belajar siswa dari siklus I sebanyak 23 orang (58,97%) dinyatakan tuntas dan 16 orang (41,03%) dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II sebanyak 34 orang siswa (87,17%) dinyatakan tuntas dan 5 orang (12,83%) dinyatakan tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-3 SMA Negeri 4 Kisaran T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pur p |
Keywords: | Modell Pembelajaran; Kooperatif Tipe TGT; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13958 |