Nasution, Ely Febriani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK KESATUAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141006 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7101141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
7101141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
7101141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7101141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7101141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7101141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
7101141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7101141006 BIBILOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Kesatuan Meranti T.P 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa SMK Kesatuan Meranti T.P 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen.Penelitian ini dilaksanakan di KESATUAN MERANTI kelas X AK 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AK SMK KESATUAN MERANTI T.P 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Creative Problem Solving adalah pretes sebesar 33,00 dan postes sebesar 72,33 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 35,67 dan postes sebesar 61,83. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,605 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X AK SMK KESATUAN MERANTI T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Nas p |
Keywords: | model pembelajaran; creative model problem solving; langkah- langkah; konvensional; kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13957 |