Simamora, Devi Rosianna (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIJAMAPOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142015 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7103142015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
7103142015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7103142015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103142015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7103142015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103142015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142015 BAB I.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
7103142015 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103142015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dan metode konvensional yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijamapolang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Group Investigation dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antarsiklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sijamapolang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijamapolang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan mengunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Dari analisis hasil lembar observasi aktivitas siklus I diketahui bahwa 19 orang (50 %) dinyatakan aktif dan sangat aktif dengan rata-rata aktivitas 21,08. Sedangkan pada siklus II 30 siswa (78,95%) dinyatakan aktif dan sangat aktif dengan rata-rata aktivitas 24,42 sehingga telah sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Aktivitas yaitu ≥ 23 atau 71,87 %. Pada analisis pre test sebelum dilakukan tindakan diperoleh 6 orang (15,79%) dinyatakan tuntas dengan rata-rata 55,97. Pada posttest siklus I, 15 orang (39,48 %) dengan rata-rata 65,66. Pada siklus II meningkat menjadi 33 orang (86,84 %) dengan rata-rata 78,02. Ini berarti pada siklus II telah mencapai Ketuntasan Klasikal Sekolah 80 % nilai ≥ 69. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,74 > 2,02. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning denga Group Investigation dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijamapolag Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sim p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Problem Basaed Learning; Group Investigation; Aktivitas Belajar Akuntansi; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13950 |