Siregar, Juniarti (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA N 2 MEDAN T P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141099 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709141099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
709141099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
709141099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
709141099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141099 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
709141099 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709141099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum KKMHasil perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I, siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif dan aktif dengan jumlah skor 23 yaitu sebanyak 18 orang 45 dan pada siklus II sebanyak 31 orang 77,5 Dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 32,5 dari siklus I ke siklus II dan telah sesuai dengan kriteria penilaian 70 Perolehan nilai hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM 70 adalah 24 siswa 60 dengan nilai rata-rata siswa adalah 67 75 dan pada siklus II diproleh 31 Siswa 77 5 dengan nilai rata rata 80 37. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 17 5 dari siklus I ke siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70 siswa memperoleh nilai 70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk 40 1 39 pada 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 12 26 dan ttabel 20227 Sehingga thitung ttabel 12,26 20227 Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan positif.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013 2014 pada kompetensi dasar mancatat transaksi dokumen kedalam jurnal khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657 071 2 /Jun/p |
Keywords: | Model pembelajaran ; Problem based learning ; Contextual teaching and learning ; Aktivitas ; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13933 |