Khairunissa, Fitri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN STRATEGI MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 1 SELESAI KABUPATEN LANGKAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310048-COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
708310048-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708310048-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
708310048-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
708310048-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708310048-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310048-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310048-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708310048-BAB I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
708310048-BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
708310048-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IS 1 T P 2013/2014Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran ConceptSentence dengan strategi Modeling The Way di kelas XII IS 1 SMA Negeri 1Selesai Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai yang beralamat di Jl.Binjai Selayang Desa Padang Brahrang Simpang Selesai Kabupaten Langkat.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Selesaiyang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan modelpembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way untukmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan dalam duasiklus yaitu : Perencanaan Pelaksanaan-Pengamatan-Refleksi, tiap tiap siklusterdiri dari dua pertemuan. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakanadalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswayang dilaksanakan pada siklus I adalah 37,5% observasi aktivitas yang termasukdalam kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata adalah 75 yang termasuk dalamkriteria aktif. Dari hasil data diperoleh data test sebelum penerapan denganketuntasan sebesar 125 dengan nilai rata-rata 6 275 sedangkan pada siklus Ijumlah ketuntasan siswa sebesar 32 5 dengan nilai rata-rata 69 atau terjadipeningkatan sekitar 20 siswa yang tuntas dan 6 25 poin untuk nilai rata-rata.Pada siklus II untuk jumlah ketuntasan siswa menjadi 90 dengan nilai rata-rata81 5 atau mengalami peningkatan sebesar 57 5 siswa yang tuntas dan 12 5 poinuntuk nilai rata-rata dari siklus I.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ConceptSentence dengan strategi Modeling The Way dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Selesai TahunPembelajaran 2013/2014 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklusakuntansi perusahaan dagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657 071 2 /Fir/p |
Keywords: | Model pembelajaran ; Concept sentence ; Strategi modling the kay ; Modeling the way and strategi modeling the way ; Aktivitas ; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13931 |