Silvia, Reza (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 11 MEDAN T.P.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141183 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141183 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
709141183 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
709141183 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
709141183 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709141183 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141183 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
709141183 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
709141183 BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
709141183 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709141183 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansisiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing dan strategiREACT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIIIS 2 SMA Negeri 11 Medan T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan pada semester ganjiltahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IS 2 yangberjumlah 41 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan modelpembelajaran Problem Posing dan strategi REACT untuk meningkatkan aktivitasdan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalampengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasiaktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik untuk analisis datamenggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa padasiklus I yaitu 29,27% siswa tergolong dalam kriteria aktif. Sedangkan pada siklusII terdapat 73,17% siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif, telahsesuai dengan kriteria penilaian 71,87%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yangdilakasanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat24 siswa (58,54%) yang tuntas menjadi 33 siswa (80,49%) pada siklus II. Sebagaiindikator ketuntasan klasikal di tetapkan 75% siswa yang memperoleh nilai ≥70.Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan ujit. Dari daftar distribusi t untuk dan dk = 41 1 = 40. Dari hasilperhitungan diperoleh ttabel= 2,02 dan thitung = 10,63. Sehingga thitung ttabel(10,63 2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan Haditerima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posingdan strategi REACT pada pokok bahasan memahami penyusunan siklus akuntansiperusahaan dagang di kelas XII IS 2 SMA Negeri 11 Medan semester ganjil tahunpembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Rez p |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem posing; Strategi react; Aktivitas; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13928 |