Rambe, Rahmi Karnita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141036 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7102141036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
7102141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7102141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7102141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7102141036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141036 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7102141036 LIST OF APPENDIECES.pdf - Published Version
Download (0B)
7102141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
7102141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
7102141036 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi kelas SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.P 2013/2014Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Jalan Pahlawan Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP Tahun Pembelajaran yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah sebanyak 147 siswa .Sedangkan sampel diambil secara acak yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan X AP2 sebagai kelas control dengan 40 siswa pada setiap kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji stastistik menunjukkan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah pretest sebesar 46,87 dan post test sebesar 74,38 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,25 dan postes sebesar 65,5.Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,68 > 1,673 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Ram p |
Keywords: | model; pembelajaran; kooperatif; jigsaw; konvensional; hasil belajar; faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13923 |