Ginting, Yohana Sofia Erlitna (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK HARAPAN MEKAR-2 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141244 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141244 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
709141244 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709141244 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141244 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709141244 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
709141244 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
709141244 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
709141244 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
709141244 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modelpembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranMemahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas XSMK Harapan Mekar-2 Medan T.P 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaranMemahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas XSMK Harapan Mekar-2 Medan T.P. 2013/2014. Populasi dalam penelitian iniadalah semua siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 80 orang yang terbagi atas 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X AP-1 sebagai kelas eksperimen dan X AP-2sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan teknik total sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan soal multiple choice yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan dayapembeda soal.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data.Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 41,406 dengansimpangan baku 10,077 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 41,875 dengansimpangasn baku = 9,724. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelaseksperimen (pembelajaran dengan model Snowball Throwing) diperoleh sebesar=78,906 dengan simpangan baku sebesar 8,916. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (pembelajaran dengan model konvensional) sebesar 68,750 dengansimpangan baku = 8,725. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 95% ( = 0,05) diperoleh thitung = 4,819 sedangkan ttabel = 2,023. ternyata thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar MemahamiPrinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajarankonvensional pada siswa X Administrasi Perkantoran di SMK Harapan Mekar – 2Medan T.P2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Gin p |
Keywords: | Belajar; Model pembelajaran; Snowbal throwing; Konvensional; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13892 |