Hutabarat, Yessica Yolanda P. (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN TALKING STICK KELAS XII IS-2SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141243 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141243 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
709141243 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
709141243 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
709141243 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
709141243 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
709141243 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
709141243 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141243 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
709141243 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141243 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi modelpembelajaran Group Investigation dengan Talking Stick di kelas XII IS-2 SMANegeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan pada semester ganjilTahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IS-2 yang berjumlah38 orang siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untukmengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data yaitudengan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa padasiklus I yaitu 7,89% (3) orang siswa tergolong kurang sekali, 18,42% (7) orangsiswa tergolong kurang aktif, terdapat 39,47% (15) orang siswa tergolong kriteriacukup aktif, 31,57% (12) orang siswa tergolong kriteria aktif dan 2,63% (1)tergolong aktif sekali. Sedangkan pada siklus II terdapat 10,52% (4) orang siswayang tergolong kurang aktif, 5,26% (2) orang siswa yang tergolong dalam kriteriacukup aktif, 39,47% (15) orang siswa yang tergolong aktif dan 44,73% (17) orangsiswa yang tergolong aktif sekali yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatanaktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapatpeningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 26 siswa (68,42%) yangtuntas menjadi 32 siswa (84,21%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasanklasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikansihasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=38-1= 37 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,60 dan ttabel = 2,02.Sehingga thitung > ttabel (8,60 >2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GroupInvestigation dengan Talking Stick pada pokok bahasan mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus di kelas XII IS-2 SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Hut u |
Keywords: | Model pembelajaran; Group investigation and talking stad; Group investigation; Aktivitas; Talking stik; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13880 |