Chairunnisa (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141024-COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141024 -LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
709141024 -KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
709141024-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
709141024-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
709141024-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141024-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141024-BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
709141024-BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709141024-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining tahun pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Swasta Kemala Bhayangkari 1 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 dengan jumlah 31 siswa dan objek penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lmbar observasi. Dan dalam analisis data, teknik data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan.Dari hasil tes yang dilaksanakan dan hasil selama kegiatan berlangsung terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 70,48 atau sekitar 58,06% pada siklus I menjadi 81,61 atau sekitar 83,87% pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar siswa, ditetapkan ≥ 80% memperoleh nilai minimal 75. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar.Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di kelas X pada Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Cha i |
Keywords: | Model pembelajaran; Student facilitator and explanning; Hasil belajar; Siswa; Pelajaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13825 |