Sianturi, Januardi (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141091 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
709141091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
709141091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
709141091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709141091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
709141091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141091 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709141091 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709141091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Medan T.A 2013/2014 semester genap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 yang berjumlah 44 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari siklus I, siswa yang sangat aktif sebanyak 2 siswa (4,54%), siswa yang aktif sebanyak 14 siswa (31,81%), siswa yang cukup aktif sebanyak 16 siswa (36,36%), siswa yang kurang aktif sebanyak 12 siswa (27,27%). Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 10 siswa (22,72%) yang sangat aktif, 24 siswa (54,54%) yang aktif, 8 siswa (18,18%) yang cukup aktif, 2 siswa (4,54%) yang kurang aktif. Selanjutnya hasil belajar siswa (pre tes) sebelum penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square diperoleh 8 siswa (18,18%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 47,95. Namun setelah penerapan, ketuntasan hasil belajar siswa (pos tes siklus I) meningkat. Sebanyak 27 siswa (61,36%) tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,68. Selanjutnya, hasil belajar siswa (pos tes siklus II) juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 81,47 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 38 siswa (86,36%). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus II diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Word Square dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 SMA Negeri 13 Medan T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 / Sia/p |
Keywords: | Model pembelajaran ; quantum teaching ; Word squane ; Aktivitas belajar ; Hasil belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13824 |