Harahap, Mely Wahyuni (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X SMA SWASTA KIRANA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7114141004-COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7114141004-LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7114141004-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7114141004-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7114141004-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7114141004-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7114141004-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7114141004-BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
7114141004-BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7114141004-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ” rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidengan menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapatmeningkatkan hasil belajar ekonomi.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Graha Kirana di Jl. AmperaNo. 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah kelas Xyang berjumlah 32 orang siswa. Dan objek penelitian ini adalah meningkatkanhasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran SnowballThrowing.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa Deskriptif. Yangdilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untukmengukur hasil belajar berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 10 soaldalam 1 siklus dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung.Sebagai indikator ketuntasan belajar, dengan KKM sebesar 75 dan kriteriaketuntasan klasikal sebesar 80 %.Dari siklus I, hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasanklasikal, yaitu hanya 10 orang yang tuntas (31,25%) sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Dalam siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 26 orang yang tuntas (81,25%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran SnowballThrowing pada materi Pengertian dan Perbedaan Ekonomi Mikro dan EkonomiMakro dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Swasta GrahaKirana Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Har p |
Keywords: | Hkekat belajar; Hasil belajar; Snowball throwling; Model Pembelajaran; Sisiwa; Siswa; Guru. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13823 |