Marpaung, Riko Rizky (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-A DI MAS MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341115 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
709341115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
709341115 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
709341115 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
709341115 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709341115 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
709341115 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
709341115 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
709341115 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
709341115 BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709341115 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “kurangnya aktivitas serta rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X- A MAS Mu’allimin UNIVA Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di MAS Mu’allimin UNIVA Medan Jl. Sisingamangaraja Km. 5.5 T.A 2013/2014 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X- A di MAS Mu’allimin UNIVA Medan yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,86% siswa yang aktif dengan nilai rata-rata 15,92 sedangkan pada siklus II sebesar 78,30% siswa yang aktif dengan nilai rata-rata 21,92. Hal itu membuktikan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 21,44%. Dan diperoleh rata-rata data pre tes sebagai hasil belajar awal siswa sebesar 46,5 dengan persentase 27,5%. Rata-rata data pos tes siklus I sebesar 67,3 dengan persentase 55% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27,5%. Sedangkan rata-rata data pos tes siklus II sebesar 73 dengan persentase 90% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari pos tes siklus I ke pos tes siklus II sebesar 35%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada standar kompetensi Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Ekonomi di MAS Mu’allimin UNIVA Medan Tahun Ajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Mar p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif; TAI; Aktivitas belajar; Hasil belajar; CIRC; Group investigation. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13822 |