Halim, Ahmad (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 BINJAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141007-COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709141007-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
709141007-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
709141007-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141007-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
709141007-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
709141007-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
709141007-BAB I.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
709141007-BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709141007-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Binjai dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dan Strategi React.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Binjai yang berlokasi Jln. Jl. Jambi No. 2 Kota Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write dan strategi REACT. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan 60%. Data postes dari siklus I meningkat yaitu dengan rata-rata nilai pre-test di siklus I sebesar 57,67 (tidak tuntas) sedangkan pada postest siklus I rata-rata nilai mengalami peningkatan sebesar 10,66 menjadi 68,33 dan pada siklus II rata-rata nilai mengalami peningkatan sebesar 14,00 menjadi 82,33. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu sebesar 53,33% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%, jadi ada peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 36,67%. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi secara signifikansi dan positif antar siklus dimana thitung > ttabel yaitu 4,69 > 2,00, dengan dk = 30-2 yaitu dk = 28 pada α = 0,05. Dengan kata lain Ha = X > Y diterima dan Ho ditolak,Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan strategi REACT pada materi Jurnal Penyesuaian di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Think Talk Write dan strategi REACT dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Hal p |
Keywords: | Model pembelajaran; Think talk write; Pembeajaran react; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13815 |