Basten R (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277110090-COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071277110090-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
071277110090-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
071277110090-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
071277110090-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071277110090-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071277110090-BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
071277110090-BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
071277110090-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071277110090-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Model Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2012/2013 ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Question Students Have Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Question Students Have dan kelas VIII-10 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang diajarkan dengan model Question Students Have lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Question Students Have adalah pretest sebesar 43,00 dan postest sebesar 77,50 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 46,00 dan postest sebesar 66,33. Hasil pengujian Hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,871 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Question Students Have terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Bas p |
Keywords: | Model pembelajaran; Question student have; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar; Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13807 |