Sari, Dwi Ismaya (2013) PENGARUH PENDIDIKAN NONFORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141040-COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
709141040-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
709141040-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709141040-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
709141040-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
709141040-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
709141040-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
709141040-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709141040-BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
709141040-BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
709141040-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan nonformalterhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI di SMK Panca Budi 2 Medan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas X dan XI Administrasi Perkantoran SMK Panca Budi 2 Medanyang berjumlah 149 orang yang terdiri dari 4 kelas, sampel dari penelitian inidilakukan secara Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel denganpertimbangan tertentu yaitu berjumlah 46 orang. Dari data variabel bebas diambildengan menggunakan angket dan data variabel terikat diperoleh dari studidokumentasi. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini diuji menunjukkan adanya pengaruh pendidikan nonformal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan antara variabel (X) pendidikan nonformal terhadap variabel (Y) prestasi belajar siswa, koefisien korelasi rhitung sebesar 0,429 dan rtabel sebesar0,291, berarti rhitung > rtabel (0,429 > 0,291) maka hipotesis dapat diterima. Untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hipotesis tersebut maka digunakan uji t dan diperoleh thitung = 3,15, sedangkan hasil ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (3,15 > 1,67) dan hipotesis dapat diterima. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) pendidikan nonformalterhadap variabel (Y) prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linier yaitu Y= 56,7 + 0,19x. Selanjutnya untuk menghitung besarnya kontribusi pendidikan nonformal terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus determinasi (� �) =0,19 yang artinya variabel bebas (X) pendidikan nonformal memberi kontribusi terhadap variabel terikat (Y) prestasi belajar siswa sebesar 19%. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan nonformal mempunyai pengaruhpositif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada kelas X dan XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Panca Budi 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sar p |
Keywords: | Pendidikan; Pendidikan Non Formal; Ciri-ciri; Prestasi Belajar; Hipotesis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13781 |