Amelia, Yosephina (2013) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141246 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
709141246 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
709141246 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709141246 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141246 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
709141246 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141246 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141246 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
709141246 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141246 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rasa malas dan takut siswa untuk mengajukan serta menjawab pertanyaan, kurangnya motivasi dan antusias siswa dalam belajar, sehingga siswa merasa jenuh dan tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan adanya faktor dari guru itu sendiri yang berkaitan dengan keterampilan mrngajar guru tersebut, dimana keterampilan itu meliputi keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengadakan variasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Guru Mengajar Dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Peralatan Kantor di SMK PGRI 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan populasi seluruh kelas X ADM yang berjumlah 80 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 80 orang siswa yang diambil secara total sampling. Teknik prngumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan variabel X dengan variabel Y adalah rumus korelasi Product Moment, dari perhitungan tersebut diperoleh hasil r = 0,253 yang berarti terdapat hubungan antara keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji “t” sehingga diperoleh t sebesar 9,4 sedangkan t pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% dengan nilai 1,992, berarti t > t (9,4 > 1,992) maka hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran peralatan kantor di SMK PGRI 8 Medan T.P. 2013/2014” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.207 19 Ame h |
Keywords: | keterampilan; mengajar guru; keterampilan bertanya; keterampilan memberi pertanyaan; prestasi belajar; keterampilan mengadakan variasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13780 |