Rahman, Ulliyya (2013) PENGARUH DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114281 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114281 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
708114281 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
708114281 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
708114281 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
708114281 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708114281 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114281 BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
708114281 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
708114281 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan minat belajar siswa kelas XI di jurusan Adminstrasi perkantoran SMK N 1 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Administrasi perkantoran sebanyak 160 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari 10% total populasi sebanyak 40 orang yang ditentukan secara resprentatif (mewakili populasi) . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh disiplin dan minat belajar siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas diuji dengan menggunakan korelasi produc moment besarnya pengaruh antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), digunakan rumus korelasi ganda.Dari perhitungan variabel disiplin (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh Fhitung = 21,40 sedangkan Ftabel = 4,10 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 38 ternyata Fh >Ft (21,40 > 4,10). Dengan demikian hipotesis pertama dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Medan. Dari perhitungan variabel minat belajar (X2)terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh Fhitung = 22,35 sedangkan Ftabel = 4,10 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 38 ternyata Fh >Ft (22,35 > 4,10). Dengan demikian hipotesis kedua dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Medan. Sedangkan hasil perhitungan variabel disiplin dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Fhitung = 14,61 sedangkan Ftabel = 3,26 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 37 ternyata Fh >Ft (14,61 > 3,26). Dengan demikian Hipotesis ketiga dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Medan . Selanjutnya, dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,441, yang berarti 44,08% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh disiplin (X1) dan minat belajar siswa (X2)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Rah p |
Keywords: | disiplin; unsur- unsur; faktor- faktor; tujuan dan pentingny; minat belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13778 |