Siregar, Athyroh (2013) PENGARUH PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KEARSIPAN DI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141014-COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
709141014-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
709141014-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
709141014-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
709141014-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141014-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141014-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141014-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141014-BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
709141014-BAB V.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
709141014-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem kearsipan kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Medan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 80 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling yang berjumlah 80 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan hasil sebesar 0,558 sedangkan sebesar 0,220. Hal ini berarti > sedangkan untuk menguji signifikansi dihitung dengan uji t dengan hasil sebesar 6,058 sedangkan sebesar 1,654. Dengan demikian > maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) peran guru sebagai fasilitator terhadap variabel terikat (Y) prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linier yaitu Y = a + bx sehingga diperoleh hasil Y = 67,96 + 0,29x. Selanjutnya untuk menghitung besarnya kontribusi variabel bebas (X) peran guru sebagai fasilitatorterhadap variabel terikat (Y)prestasi belajar siswadigunakan rumus determinasi ( ) = 0,32. Ini berarti bahwa kontribusi peran guru sebagai fasilitator terhadap pretasi belajar siswa sebesar 32% sedangkan sisanya 68% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peran guru sebagai fasilitator terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem kearsipan kelas XI PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.560 719 Sir p |
Keywords: | Guru Sebagai Fasilitator; Peranan Guru; Prestasi Belajar; Faktor-faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13767 |