Hutapea, Isadora (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII A SMP N 2 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341060-COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709341060-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
709341060-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
709341060-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709341060-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709341060-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341060-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341060-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341060-BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
709341060-BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
709341060-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
709341060-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dengan Talking Stick di kelas VIII A SMP N 2 Laguboti Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Laguboti yang beralamat di di Jl. Sidulang Kec. Laguboti Kabupaten Toba Samosir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Laguboti yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A match dengan Talking Stick. Penelitian ini berbenturk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dal lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siklus I terdapat 10 orang (38,4%) siswa yang memiliki kriteria cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat terdapat 20 orang (76,9%) siswa yang memiliki kriteria cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 38,5 %. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata sebelum penerapan adalah 58,8 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang (34,7%). Sedangkan pada tes siklus I nilai rata-rata menjadi 68,5 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang (53,8%). Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 85 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang (88,5%) dari jumlah siswa di kelas VIIIA. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu di SMP N 2 Laguboti Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Hut p |
Keywords: | Kolaborai; Model Pembelajaran; Make A Match; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; IPS Terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13757 |