Hartati, Fitrah (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BM TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341040 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
709341040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
709341040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709341040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709341040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341040 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
709341040 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709341040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2012/2013, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Time Token. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak yang beralamat di jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Beringin Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 34 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Time Token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari 4 Tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 32,34% yang termasuk dalam kriteria Aktif dan Sangat Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 82,34% yang termasuk dalam kriteria Aktif dan Sangat Aktif dan telah memenuhi kriteria penilaian skor ≥ 23 atau 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,38 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71,91 atau terjadi peningkatan sekitar 13,53 poin telah memenuhi kriteria KKM ≥ 75. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,44 atau mengalami peningkatan 8,53 poin dari siklus I. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung = 5,14 > ttabel = 1,997. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Small Group dengan Time Token pada materi Memproses Dokumen Dana Kas Kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X AK SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Har p |
Keywords: | Small Group; Time Token; Aktivitas; Hasil Belajar; Akuntansi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13756 |