Meinita, Dila (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR ANDSHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELASXI-IS DI SMA MAMIYAI AL-ITTIHADIYAH MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341028 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709341028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
709341028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
709341028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
709341028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709341028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
709341028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
709341028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341028 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
709341028 BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
709341028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-IS dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair And Share dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing di SMA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS yang berjumlah 30 orang. Objekdalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair And Share denganstrategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (43,33%) yang memperoleh kategori aktivitas aktif dan sangat aktif, sedangkan pada siklus II terdapat 25 siswa (83,33%) untuk kategori aktif dan sangat aktif. Dimana siswa dikatakan aktif secara keseluruhan jika telah mencapai kriteria penilaian 71,88% dengan skor perolehan minimal 23. Dari hasil analisis data diperoleh hasil test siklus I yaitu 19 siswa (63,33%) menjadi 27 siswa (90%) pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 26,67% dari siklus I. Dimana siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 70. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antar siklus digunakan rumus uji-tberpasangan, dimana diperoleh > yaitu 9,33 > 2,04 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-IS SMA Mamiyai Al- Ittihadiyah Medan T.P 2012/2013 antar siklus adalah terjadi peningkatan yang positif dan signifikan. Maka dalam hal ini Ha = > diterima dan H0 = = ditolak. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair And Share dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-IS pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di SMAMamiyai Al-Ittihadiyah Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Mei u |
Keywords: | Think Pair and Share; Active Knowledge Sharing; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Akuntansi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13754 |