Nainggolan, Elly Januarti (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141044-COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709141044-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709141044-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
709141044-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
709141044-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709141044-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
709141044-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709141044-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709141044-BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
709141044-BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
709141044-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141044-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar menggunakan peralatan kantor kelas X AP di SMK Panca Budi 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AP2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 orang dan X AP1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yaitu jawaban sementara dari rumusan masalah penelitian.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,56 dengan standar diviasi 13,30. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 55,58 dengan standar deviasi 12,82. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk+ n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,743 dan ttabel sebesar 1,659. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel (5,743 > 1,659) dengan kata lain hipotesis diterima.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar menggunakan peralatan kantor siswa kelas X AP SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Nai p |
Keywords: | belajar; model pembelajaran; kooperatif; STAD; konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13743 |