Silaban, Dwi Funy A. (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK BAHARI HANG TUAH BELAWAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277110097 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
071277110097 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
071277110097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
071277110097 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
071277110097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
071277110097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
071277110097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
071277110097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
071277110097 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
071277110097 BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
071277110097 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadapprestasi belajar siswa pada mata pelajaran manajemen perkantoran kelas X SMKBahari Hang Tuah Belawan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SMK Bahari Hang Tuah Belawan yang beralamatdi Jalan Serma Hanafiah No.5 Belawan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswakelas X SMK Bahari Hang Tuah Belawan yang berjumlah 1 kelas sebanyak 40 orangsiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan teknik totalsampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakanteknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui koefisien korelasiantara variabel prestasi belajar siswa (X) dengan variabel prestasi belajar (Y)digunakan rumus korelasi product moment dan pengujian hipotesis denganmenggunakan uji t. dari hasil analisis data diperoleh rhitung = 0,9450. Biladikonsultasikan dengan nilai rtabel = 0,3061. Pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05,maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang yang positif antara minatbelajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Bahari Hang Tuah. Untuk ujihipotesis digunakan uji t sehingga diperoleh nilai thitung = 17,8169. Kemudian thitungdibandingkan dengan ttabel = 1,686 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk= n-2, berarti thitung > ttabel yaitu (17,8169 > 1,686) sehingga dapat dinyatakan terdapathubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XSMK Bahari Hang Tuah Belawan.Berdasarkan perhitungan dan analisis data maka hipotesis yang menyatakanterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasibelajar siswa kelas X SMK Bahari Hang Tuah Belawan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Sil p |
Keywords: | minat belajar; prestasi belajar; faktor- faktor yang mempengaruhi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13742 |