Hasibuan, Milda Rahmasari (2013) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341086-COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709341086-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
709341086-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
709341086-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709341086-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709341086-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709341086-BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
709341086-BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709341086-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa Kelas X1 dan X4 di SMA Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi Model Pembelajaran Example Non Example dan Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X1 dan X4 di SMA Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA KARTIKA I-2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 232 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yang terdiri dari dua kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas Kontrol. Masig-masing kelas berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, yang dikutip dari buku sehingga soal dianggap baku. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.Hasil analisis ada tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa Mean atau rata-rata nilai pretes siswa kelas control adalah 68,25 dengan standar deviasi 10,35 dan nilai rata-rata kelas ekperimen 77,50 dengan standar deviasi 10,80. Untuk menguji hipotesis digunakan uji distribusi t dengan sig < 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,913 dan ttabel = 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,913 > 1,667 dengan kata lain Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kolaborasi Model Pembelajaran Example Non Example dan Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X1 dan X4 di SMA Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Has p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Example Non Example; Tipe Team Games Tournament; Hasil Belajar Siswa; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13737 |