Purba, Suryani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPASIF TEKNIK BUZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141222-COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141222-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
709141222-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
709141222-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
709141222-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
709141222-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
709141222-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
709141222-BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141222-BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
709141222-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
709141222-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pembelajaran Partisipasif Teknik Kelompok Buzz terhadap hasil belajar Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X AP SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 68 orang, yakni kelas XAP_1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran partisipasif teknik buzz dan kelas XAP_2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas digunakan uji Lilliefors, Uji Homogenitas menggunakan uji F dan Uji Hipotesis menggunakan uji-t Hasil post tes yang dilakukan pada kedua kelas memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 76,17 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 sedangkan simpangan baku 6,96. Pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,17 dengan nilai tertinggi 80 nilai terendah 65 sedangkan simpangan baku 4,44. Hasil perhitungan data menunjukkan t_hitung > t_tabel atau (6,59 > 1,9355). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran partisipasif teknik buzz terhadap hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi siswa di kelas X AP SMK Swasta Raksana 2 Tahun Pembelajaran 2012/2013..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Pur p |
Keywords: | pembelajaran partisipatif; kelompok Buzz; model pembelajaran; konvensional; keterampilan dasar komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13723 |