Ambarita, Paroloan P. (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341100 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
709341100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709341100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
709341100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
709341100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709341100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341100 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709341100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709341100 BAB I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
709341100 BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
709341100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian ini dilakukan di SMA Budisatrya Medan dengan populasi sebanyak 155 Orang dan sampel sebanyak 39 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan fasilitas belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus korelasi berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji f. Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0,920>0,308 untuk motivasi berprestasi dan rhitung>rtabel 0,902>0,308 untuk fasilitas belajar. Dan hasil analisis korelasi berganda diperoleh R sebesar 0,901. Dan untuk uji t diperolah t hitung = 9.803 dan signifikan sebesar 0,000< 0,05 utuk variabel X1 dan t hitung = 9.254 dan signifikan sebesar 0,000<0,05 untuk variabel X2. Untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 77.556, sedangkan ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 4,12, berarti fhitung>ftabel (77.556>4,12) maka hipotesis Ha diterima atau ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Amb h |
Keywords: | motivasi berprestasi; fasilitas belajar; prestasi belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13720 |