Karnasih, Ida (2014) INTEGRASI SOFTWARE DINAMIS AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Pendidikan Matematika, 04 (02). pp. 143-160. ISSN 2088-687x
Integrasi software dinamis autograph dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan penemuan terbimbing.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
Abstract
Artikel ini menyajikan basil penelitian yang menyelidiki keefektifan software dinamis AUTOGRAPH dalam belajar Aljabar di SMA menggunakan pendekatan penemuan terbimbing. Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa dalam mempelajari fungsi kuadrat. 70 orang siswa terlibat dalam penelitian ini yang terdiri dari dua kelas, yaitu 35 siswa di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Siswa dikelompok eksperimen belajar dengan bantuan software AUTOGRAPH, sedangkan di kelompok kontrol siswa belajar tanpa bantuan software AUTOGRAPH. Di kedua kelas, siswa belajar menggunakanpendekatan penemuan terbimbing. Analisis statistik inferensial digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa dikelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis deskriptif digunakan untuk menelaah sikap siswa terhadap matematika dan terhadap pembelajaran dengan menggunakan penemuan terbimbing berbantuan software AUTOGRAPH. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan kelompok eksperimen untuk kemampuan pemahaman dan penalaran, sikap siswa danaktivitas pembelajaran menggunakan AUTOGRAPH. Skor rata-rata keseluruhan kemampuan pemahaman kelompok eksperimen adalah 77,70 (s =8,77) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 70,20 (s =12,16). Rata-rata kemampuan penalaran matematika kelompok eksperimenadalah 78,90 (s = 9,07) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 70,10 (s = 11,97.) Hasil analisis aktivitas pembelajaran siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran lebih baik dari pada aktivitas pembelajaran di kelas kontrol, dan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan Penemuan terbimbing menggunakan software AUTOGRAPH jauh lebih baik dan positif, serta siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa software AUTOGRAPH efektif digunakan dalam mengajar fungsikuadrat di SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan software dinamis dalam mengajar matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika untukberbagai topik di SMA.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran matematika; Autograph; Penemuan terbimbing; Model pembelajaran; Penalaran; Kemampuan pemahaman; Sikap |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 05:34 |
Last Modified: | 18 Apr 2016 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1369 |