Dharma, Hadi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLEPLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERTEMUAN RAPAT KELAS XI AP SMK PEMBANGUNAN GALANG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141068 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709141068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
709141068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
709141068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709141068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709141068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709141068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141068 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
709141068 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141068 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan rapat kelas XI AP SMK Pembangunan Galang T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pembangunan Galang T.P 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Pembangunan Galang T.P 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan XI AP2 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Role Playing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Role Playing pada pretes sebesar 44,10 dan postes sebesar 75,17 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pretes sebesar 39,64 dan postes sebesar 64,17. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,977 > 1,687 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola pertemuan rapat kelas XI AP SMK Pembangunan Galang T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 Dha p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Role Playing; Hasil Belajar; Mengelola Pertemuan Rapat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13670 |