Widarti, Tuti (2013) KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341152 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709341152 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
709341152 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
709341152 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
709341152 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709341152 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709341152 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709341152 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709341152 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
709341152 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709341152 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X di SMK PGRI 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X ADM SMK PGRI 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X ADM-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan X ADM-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yaitu jawaban sementara dari rumusan masalah penelitian.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,12 dengan standar diviasi 11,84. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 66,75 dengan standar deviasi 12,32. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistic uji-t dengan dk+ n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,348 dan ttabel sebesar 1,37. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,348 > 1,37) dengan kata lain hipotesis diterima.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kolaborasi Model Pembelajaran Quantum Taching dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X ADM di SMK PGRI 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Wid p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Quantum Teaching; Snowball Throwing; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13666 |