Hutagalung, Selly Silvana (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK BM SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141209 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141209 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
709141209 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141209 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
709141209 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
709141209 BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
709141209 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141209 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI PK di SMK BM Swasta Sinar Husni Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI PK SMK BM Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 176 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI PK3 bagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 orang dan XI PK4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Hipotesis penelitian ini menyatakan adanya pengaruh yang positif antara model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,42. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 57,89. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistic uji-t dengan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,73 dan ttabel sebesar 1,66. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,73> 1,66) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI PK di SMK BM Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Hut p |
Keywords: | Pengertian; Model Pembelajaran; Cooperative Script; Langkah-langkah; Hasil Belajar; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13665 |