Hutasoit, Dei Giva Agustina (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TELADAN SUMUT 1 MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141031 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709141031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
709141031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141031 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
709141031 BAB V.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
709141031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
709141031 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di kelas X AP SMK Teladan Sumut 1 Medan T.P 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan di Kelas X AP SMK Teladan Sumut 1 Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Teladan Sumut 1 Medan T.P 2012/2013 sebanyak 60 orang. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X AP-1 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan X AP-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik total sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah diuji cobakan di kelas lain diluar dari sampel penelitian untuk melihat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya beda soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Make a match diperoleh rata-rata pre test sebesar sebesar 33 dan rata-rata post test sebesar 72,50 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata pre test sebesar 34,67 dan rata-rata post test 61,67. Dari analisah data post test dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 95% dan α=0,05, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 4,71>1,671 sehingga hipotesis dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Make A Match pada pokok bahasan memelihara arsip terhadap hasil belajar kearsipan siswa di kelas X AP SMK Teladan Sumut 1 Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.507 1 Hut p |
Keywords: | model pembelajaran; cooperative learning; make a match; konsional; hasil belajar; kearsipan |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13653 |