Armi, Munaya (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK BM SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441029 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709441029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
709441029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709441029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
709441029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709441029 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709441029 BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
709441029 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709441029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI PK di SMK BM Sinar Husni Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI PK SMK BM Sinar HusniMedan Tahun Pembelajaran 2013/2014sebanyak 176 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelasXI PK1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 orang dan XI PK2 sebagaikelas kontrol yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Hipotesis penelitian ini menyatakan adanya pengaruh yang positif antara model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,05. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 55,61.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistic uji-t dengan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,380dan ttabel sebesar 1,6767. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel (5,380> 1,6767) dengan kata lain hipotesis diterima.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI PK SMK BM SinarHusni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Arm p |
Keywords: | Pengertian Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Keuntungan; Langkah-langkah; Jenis-jenis; STAD; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13637 |