Sianturi, Conny Ivana (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BM SILOAM MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141027 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
709141027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
709141027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
709141027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
709141027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709141027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
709141027 BAB I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
709141027 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709141027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK BM SILOAM MEDAN T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM SILOAM MEDAN kelas XI APTahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK BM SILOAM MEDAN Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid danreliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Advance Organizer lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan pretes hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Advance Organizer adalah sebesar 45dan postes sebesar 75. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh pretes= 36,905 dan postes= 61,190.Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,184 > 1,676 padataraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Hoditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK BM SILOAM MEDAN T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Sia p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pemrosesan Informasi; Advance Organize; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13635 |