Siringoringo, Sovia Putri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK BM SILOAM MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141216 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
709141216 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
709141216 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
709141216 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
709141216 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
709141216 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
709141216 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141216 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141216 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
709141216 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709141216 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan SMK BM Siloam Medan T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Siloam Medan kelas XI AP Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK BM Siloam Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah pretest sebesar 44,31 dan postest sebesar 80,17 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 36,43 dan postes sebesar 60,71. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,99 > 1,705 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK BM Siloam Medan T.P 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Discovery Learning; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13634 |