Isfahani, Hamzah (2013) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341046 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
709341046 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
709341046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709341046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
709341046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709341046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
709341046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Binjai tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Binjai dengan populasi sebanyak 88 Orang dan sampel menggunakan seluruh jumlah populasi. Instrument yang digunakan untuk mengukur pemanfaatan sumber belajar dan belajar mandiri berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan uji f.Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing masing variabel 25 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0,929>0,261 untuk pemanfaatan sumber belajar dan rhitung>rtabel 0,884>0,261 untuk belajar mandiri. Dan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y=60,984+0,160X1+0,080X2. Dan untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 33,549,sedangkan ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,10, berarti fhitung>ftabel(33,549>3,10) maka hipotesis Ha diterima atau ada pengaruh positif antara pemanfaatan sumber belajar dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Binjai tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Isf p |
Keywords: | Sumber Belajar; Belajar Mandiri; Prestasi Belajar; Ekonomi; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13631 |