Elvina, Lydia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PASAR MODAL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA HARAPAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441024 COVER.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
709441024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
709441024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
709441024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
709441024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709441024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709441024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709441024 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
709441024 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
709441024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709441024 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan pengembangan karakter siswa di kelas XI IPS SMA Swasta Harapan 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dan pengembangan karakter siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI IPS SMA Swasta Harapan 2 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Harapan 2 Medan yang beralamat di jalan Imam Bonjol No. 35 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata karakter siswa mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 56,66% menjadi 90% pada siklus ke II. Dari analisis data diperoleh bahwa data tes sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (50%) dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,2, sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (66,66%) dengan nilai rata-rata diperoleh 77,3 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 27 (90%) dengan nilai rata-rata 81,2.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pasar modal dan pengembangan karakter siswa di kelas XI IPS SMA Swasta Harapan 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13630 |