Situmorang, Irmalasari (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KUALUH HULU TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341059 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709341059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
709341059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
709341059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709341059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709341059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
709341059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709341059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
709341059 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
709341059 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709341059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan pendidikan karakter dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang terdiri dari 4 kelas yaitu sebanyak 151 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 30 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 45 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan program microsoft excel dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha dengan bantuan program SPSS 19,00. Kemudian uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Correlation.Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas diperoleh dari 30 instrumen variabel penerapan pendidikan karakter, terdapat 5 instrumen dinyatakan tidak valid dan 25 instrumen lainnya dinyatakan valid. Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil rhitung≥rkritis (0,897≥0,294) untuk variabel penerapan pendidikan karakter. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah dengan uji koefisien korelasi sederhana, dengan angka korelasi sebesar 0,830 dan uji t dengan thitung 13,478 ≥ ttabel 2,016 dan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. hal ini berarti Hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter memberikan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sit p |
Keywords: | pendidikan karakter; nilai- nilai; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13627 |