Purba, Jhon Andrianto (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141094 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709141094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
709141094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141094 BAB I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
709141094 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709141094 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Berastagi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Berastagi yang beralamat di Jln. Jamin Ginting No. 199 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah 40 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essai. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar dengan menerapkan metode Active Learning tipe Quiz Team.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa yaitu sebesar 5% (2 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 45,12 dan 95% (48 orang) siswa tidak tuntas. Data postes siklus I sebesar 47,5% (19 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 69 dan 52,5% (21 orang) siswa tidak tuntas. Sedangkan data pada postes siklus II sebesar 97,5% (39 orang) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 86,87 dan 2,5% (1 orang) siswa tidak tuntas. Dimana rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 17,37 poin. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 4,75 dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 13,33 meningkat pada siklus II menjadi 18,08.Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Active Learning tipe Quiz Team pada materi Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Berastagi tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode Active Learning tipe Quiz Team dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Pur p |
Keywords: | pembelajaran; active learning; konvensional; hasil belajar; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13626 |