Daulay, Putri Herviana (2013) PENERAPAN METODE RESITASI KELOMPOK BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141172 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709141172 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
709141172 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
709141172 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141172 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141172 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141172 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
709141172 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141172 BAB I .pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
709141172 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709141172 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dan kurang terbentuknya karakter pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi dan membentuk karakter siswa dengan menerapkan metode retisasi kelompok berbasis karakter.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di Jalan Veteran Gang Utama Pasar V Helvetia pada Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA di SMA Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase nilai pre tes siswa yang tuntas adalah 25% dengan rata- rata nilai siswa 50. Siklus I 65% dengan rata- rata 71 dan hasil observasi karakter yaitu terdapat 24 orang (60%) siswa berkarakter jujur, 28 orang (70%) siswa berkarakter disiplin dan 26 orang (65%) berkarakter tanggung jawab. Pada siklus II, diperoleh peningkatan hasil belajar yaitu 95% dengan rata- rata 85,5 atau mengalami peningkatan sebesar 30%. Dan hasil observasi karakter pada siklus II yaitu terdapat 33 orang (82, 5%) siswa berkarakter jujur, 31 orang (77,5%) siswa berkarakter disiplin dan 30 orang (75%) berkarakter tanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi kelompok berbasis karakter pada pokok bahasan uang di kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Dau p |
Keywords: | metode pembelajaran; resitasi kelompok berbasis kelompok; hasil belajar; penelitian tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13623 |