Silalahi, Ratih Pramita (2013) PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341110 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
709341110 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
709341110 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
709341110 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
709341110 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709341110 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709341110 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
709341110 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709341110 BAB I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
709341110 BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
709341110 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
709341110 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013, 3) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru ekonomi dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Raksana Medan dengan populasi sebanyak 228 siswa dan sampel sebanyak 57 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru ekonomi dan disiplin belajar siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar ekonomi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai ekonomi siswa kelas X semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Uji validitas angket menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji f.Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y=28,700+0,438X1+0,261X2. Untuk uji t kompetensi guru ekonomi diperoleh thitung sebesar 3,355 ≥ ttabel 2,004 dan sig 0,001 ≤ α 0,05 maka ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk disiplin belajar siswa thitung sebesar 2,651 ≥ ttabel 2,004 dan sig 0,011 ≤ 0,05 maka ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dan untuk uji F diperoleh Fhitung sebesar 111,303 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,168, berarti Fhitung ≥ Ftabel (111,303 ≥ 3,168) dan sig 0,000 ≤ α 0,05 maka terdapat ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sil p |
Keywords: | Kompetensi Guru Ekonomi; Disiplin Belajar; Siswa; Prestasi Belajar; Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13619 |