Situmorang, July (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA DHARMA BAKTI MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141098 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141098 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
709141098 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709141098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
709141098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141098 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141098 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
709141098 BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
709141098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Dharma Bakti Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Dharma Bakti Medan melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan Role Playing.Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Dharma Bakti Medan T.A 2012/2013 semester genap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari siklus I, siswa yang sangat aktif sebanyak 1 siswa (3,85%), siswa yang aktif sebanyak 5 siswa (19,23%), siswa yang cukup aktif sebanyak 12 siswa (46,15%), siswa yang kurang aktif sebanyak 8 siswa (30,78%), dan tidak ada siswa yang tidak aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 4 siswa (15,38%) yang sangat aktif, 12 siswa (46,15%) yang aktif, 8 siswa (30,77%) yang cukup aktif, 2 siswa (7,69%) yang kurang aktif, dan tidak ada siswa yang tidak aktif. Selanjutnya hasil belajar siswa (pre tes) sebelum penerapan kolaborasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan Role Playing diperoleh 3 siswa (11,54%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 46,92. Namun setelah penerapan, ketuntasan hasil belajar siswa (pos tes siklus I) meningkat. Sebanyak 10 siswa (38,46%) tuntas dengan nilai rata-rata kelas 65,38. Selanjutnya, hasil belajar siswa (pos tes siklus II) juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 80,00 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (88,46%). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus II diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Snowball Throwing dengan Role Playing dapat meningkatakan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Dharma Bakti Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Snowball Throwing; Role Playing; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13612 |