Ameliany, Nanda (2013) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 1 BINTANG BAYU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441030 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709441030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
709441030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
709441030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
709441030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709441030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709441030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709441030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709441030 BAB I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
709441030 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709441030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengelolaan kelas dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu dengan populasi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel digunakan metode sampling proporsional yang berjumlah 32 siswa. Tekhnik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t. Hasil perhitungan regresi linear berganda yang dilihat dari output SPSS 19.0 for windows diperoleh Y = 46,110 + 0,246X1 + 0,231X2. Hasil perhitungan uji F diperoleh nilai Fhitung 25,392 > Ftabel 3,33 pada taraf signifikan 95% dan α = 5% dengan dk = 32 – 3 = 29. Angka R Square (r¬2) sebesar 61,2% menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan kinerja guru berpengaruh sebesar 61,2% terhadap prestasi belajar dan sisanya sebesar 38,8% dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus pada penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel pengelolaan kelas (X1) diperoeh nilai thitung sebesar 3,178 > ttabel 1,699. Dan variabel kinerja guru (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 5,465 > ttabel 1,699 dengan n = 32 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Sesuai kriteria penerimaan dan penolakan, maka hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan anatara kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengelolaan Kelas dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Ame p |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Kinerja Guru; Prestasi Belajar; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13608 |