butar-butar, Nellaria Verawaty (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA GKPI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141145 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
709141145 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141145 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709141145 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
709141145 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709141145 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengelolaan kartu aktiva tetap dan mengidentifikasi data mutasi aktiva tetap di SMK Swasta GKPI 2 Pematangsiantar dengan menerapkan kolaborasi model Pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta GKPI 2 Pematangsiantar yang beralamat di Jl. D.I Panjaitan No. 47 NH Pematangsiantar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 29 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model Pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 37,93% keaktifan klasikal yaitu 11 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di siklus 2 terdapat peningkatan keaktifan klasikal menjadi 79,31 % yaitu 23 siswa memperoleh kategori sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 18 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 62,06 % dengan nilai rata-rata 69,20. Dan setelah di siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,65% (26 orang ) dengan nilai rata-rata 85,55, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 27,59% dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t statistik atau uji t dengan α = 0,05 dan dk = 29+29-2 = 56. Dari hasil perhitungan diperoleh t_(hitung )> t_tabel yaitu 8,93 > 2,00. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar signifikan.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model Pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pengelolaan kartu aktiva di kelas XI SMK Swasta GKPI 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 But p |
Keywords: | Aktivitas belajar;akuntansi; kolaborasi; model pembelajaran ;Think Pair Share; |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13599 |