Siregar, Pebriyani (2013) IPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS-1 SMA YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141167 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
709141167 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
709141167 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
709141167 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
709141167 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
709141167 BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
709141167 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141167 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
709141167 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS-1 SMA YPK Medan Tahun pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Model Pembelajaran Student facilitator and explaining dan Strategi Pembelajaran Question student have.Penelitian ini dilaksanakan di SMA YPK Medan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XII IPS-1 dengan siswa 30 orang. objek penelitian adalah penerapan Model Pembelajaran Student facilitator and explaining dan Strategi Pembelajaran Question student have untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 30 orang siswa, pada siklus I hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 17 siswa (56,67%) kategori aktif dan sangat aktif dan siklus II aktivitas belajar siswa sebanyak 22 siswa (73,33%) dengan kategori aktif dan sangat aktif. Terjadi Peningkatan aktivitas sebesar 16,66% telah memenuhi kriteria ketuntasan aktivitas ≥23 atau 71,88%. Pada hasil tes belajar siswa Pre tes diperoleh data siswa yang tuntas 9 siswa (30%) dengan nilai rata-rata 58,3, pada siklus I 19 orang siswa (63,33%) tuntas dengan nilai rata-rata 67,17 dan siklus II 26 orang siswa (86,67%) tuntas dengan nilai rata-rata 80,17. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 23,34% telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum Sekolah 70%. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi antar siklus menggunakan uji T diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,84 > 2,04. Menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student facilitator and explaining dan Strategi Pembelajaran Question student have pada kompetensi dasar menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS-1 YPK Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran ;Student facilitator and explaining; Strategi Pembelajaran Question student have; Aktivitas Belajar; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13597 |