PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING THE WAY DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Damanik, Martauli (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING THE WAY DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 2 SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141126 COVER.pdf]
Preview
Text
709141126 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141126 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141126 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141126 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141126 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141126 BAB I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141126 BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 709141126 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141126 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan Strategi pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IS 2 yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I, siswa yang memenuhi kriteria penilaian dengan jumlah skor 17 yaitu sebanyak 19 orang (50 %) dan pada siklus II sebanyak 30 orang (78,94%). Dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,94 % dari siklus I ke siklus II dan telah sesuai dengan kriteria penilaian 75%. Perolehan nilai hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM (≥75) adalah 20 siswa (52,63%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 70,52 dan pada siklus II diproleh 32 Siswa (84,21%) dengan nilai rata-rata 84.60. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 31,58 % dari siklus I ke siklus II. Hal ini telah memenuhi KKM ≥75.Dari hasil perhitungan dapat dilihat thitung > ttabel yaitu 5,12 > 1,9925, sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XII IS 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada saat post test siklus I dan post test siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Modeling The Way dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang.Hasil B

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Dam p
Keywords: Strategi Modeling The way; Aktivitas Belajar,
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 18 Oct 2016 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item
View Item