Damanik, Diarni Sasmita (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK NEGERI 7 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441009 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709441009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
709441009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709441009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709441009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709441009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
709441009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709441009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709441009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
709441009 BAB I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
709441009 BAB V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
709441009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa dan metode konvensional yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 7 Medan T.P 2012/2013 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dan untuk perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 dengan jumlah siswa 37 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan strategi pembelajaran Ekspositori untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data d menggunakan instrumen tes dan angket minat. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.Dari analisis diperoleh nilai rata-rata pre tes sebelum dilakukan tindakan adalah 60,68 dimana 14 siswa (37,84) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata-rata 76,49 dimana 26 siswa (70,27) siswa dinyatakan tuntas dan hasil dari angket minat belajar siklus I diketahui bahwa 7 orang memiliki minat tinggi, 29 orang memiliki minat sedang, dan 1 orang memiliki minat rendah. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata 83,78 dimana 34 siswa (91,89) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Angket menunjukkan 28 orang memiliki minat tinggi, dan 9 orang memiliki minat sedang dan tidak terdapat siswa dengan kriteria minat sedang dan tidak berminat. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,49 > 2,03. Dengan kata lain pernigkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dengan strategi pembelajaran Ekspositori dapat meningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 7 Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Dam p |
Keywords: | Model Pembelajaran ;Cooperative Script; Strategi Pembelajaran; Ekspositori; Minat Belajar;Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13582 |