Nasution, Atikah Anastasya (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HEREUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK NUR AZIZI T.MORAWA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341014 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
709341014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
709341014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
709341014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
709341014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
709341014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
709341014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709341014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
709341014 BAB I.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
709341014 BAB V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
709341014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 1 SMK Nur Azizi T.Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di kelas XI Ak 1 SMK Nur Azizi T.Morawa T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan SMK Nur Azizi T.Morawa yang beralamat di Jalan Pahlawan No.2 Tanjung Morawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 1 yang berjumlah 53 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan Menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas siswa kategori aktif pada siklus I adalah 47,17% yang dan pada siklus II adalah 90,57%. Hasil belajar pretest nilai rata-ratanya adalah 58,96, pada siklus I nilai rata-rata 72,36 atau terjadi peningkatan sekitar 13,40 poin, pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 81,89 dan mengalami peningkatan 9,53 poin ketuntasan klasikal telah terpenuhi (75% siswa mencapai nilai KKM yakni 75). Hasil perhitungan uji t menunjukkan t_hitung= 14,44>t_tabel = 1,67 sehingga ada perbedaan yang signifikan dan positif pada hasil belajar antar siklus I dan siklus II.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 1 SMK Nur Azizi T.Morawa T.P 2013/2014 pada standar kompetensi mengelola administrasi kas bank. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Nas p |
Keywords: | model pembelajaran; Learning Cycle;n menggunakan strategi; pembelajaran Everyone Is A Teacher Here; Aktivitas dan Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13580 |